Satu Dekade RSUD Badung

IMG_1416“SATU DEKADE RSUD KAB. BADUNG SENANTIASA MENINGKATKAN TATA KELOLA BLUD, KUALITAS PELAYANAN DAN KESELAMATAN PASIEN merupakan tema yang diangkat dalam rangka ulang Tahun RSUD Kabupaten Badung tahun ini. Selama 1 dasawarsa RSUD Kab. Badung selalu berusaha memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang berobat dan menggunakan fasilitas kesehatan di RSUD Kab. Badung.

Sebagai salah satu fasilitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Badung, RSUD Kabupaten Badung selalu berusaha berbenah diri dengan meningkatkan kualitas pelayanan dan keselamatan pasien.

Dalam Edisi Kali ini Tim Redaksi Buletin Hospitalica akan memaparkan beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan dalam rangkaian Perayaan 1 Dasawarsa RSUD Kab. Badung.

Ketua Panitia HUT ke-10 RSUD Kab. Badung dr. I Wayan Sindhu, Sp. B dan semua jajaran kepanitian telah menyiapkan beberapa kegiatan untuk memeriahkan dasawarsa RSUD Kab. Badung. Rangkaian kegiatan ini berlangsung dari Bulan Mei 2012 sampai nanti puncak pada tanggal 4 September 2012. Beberapa dari rentetan kegiatan tersebut telah terlaksana seperti:

TIRTAYATRA

RSUD Badung dalam rentetan kegiatan HUT ke-10 tidak lupa mohon keselamatan dan tetap berserah diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, ini terbukti dengan adanya kegiatan tirta yatra ke empat penjuru mata angin dimana, pada tanggal 17, 18 Maret 2012 dengan tujuan pura Besakih, Tanggal 23 Juni 2012 mengarah ke selatan yaitu Pura Uluwatu dan sekitarnya, di bulan Juli menuju arah barat yaitu Pura Rambut Siwi dan nanti pada tanggal 19 Agustus 2012 berencana menuju kearah utara yaitu Pura Teratai Bang. Kegiatan ini bertujuan “nunas ica” kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa agar selalu menyertai setiap langkah kita tentunya, mengabdi di RSUD Kab. Badung sebagai pelayanan kesehatan bagi masyarakat. 10 Tahun bukan waktu yang singkat, ibarat manusia dia sudah menduduki sekolah dasar yang harusnya pasih berbahasa, berhitung dan lain sebagainya, itulah harapan kita pula ke RSUD Kabupaten Badung semoga menjadi panutan sebagai pelayanan kesehatan di Badung khususnya, di Bali bahkan mungkin di Internasional. Harus ada kesadaran untuk berbenah diri menjadi Rumah Sakit yang lebih baik dari sebelumnya. Sekaranglah di momentum ulang tahun ini tidak saja sebagai peraan ulang tahun tapi jga sebagai bahan evaluasi kinerja selama perjalanan 10 Tahun RSUD Kab. Badung.

SEMINAR BONEGRAFT

Seminar, “Bahan Cangkok Tulang Steril Radiasi untuk perbaikan Kerusakan Pada Tulang Rahang” yang mengambil tempat di ruang pertemuan RSUD Kabupaten Badung pada tanggal 14 Mei 2012 Sasaran dari seminar ini adalah para dokter gigi dan dokter bedah. Narasumber pada kegiatan seminar ini adalah drg. I Agus Sundia Atmaja, M.Erg dan drg. R.A Eka Yunanti, Sp. Perio. Tujuan kegiatan ini adalah mengenalkan metode baru yaitu aplikasi bone graft. Bone graft atau cangkok tulang ini yaitu pembentukan tulang baru dengan cara osteoinduksi, osteokonduksi dan osteogenesis, dengan tujuan mengisi dan merangsang pembentukan tulang baru untuk menggantikan tulang yang hilang.

RSUD Badung bekerja sama dengan Pusat Teknologi Keselamatan dan Metrologi Radiasi (PTKMR), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) dan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) cabang Bali. Direktur RSUD Badung, dr Agus Bintang Suryadhi, M.Kes menyambut baik adanya pengetahuan atau metode baru ini. Dalam wawancaranya beliau mengungkapkan “Kami targetkan di tahun 2013 kami akan membuka center khusus untuk mengimplementasikan metode cangkok tulang ini pada gigi. Tapi sebelum itu, tentu kami harus mempersiapkan dengan matang.Baik dari segi peralatan dan SDM, inilah tujuan kami mengundang pakar dari BATAN untuk dilakukan pelatihan”.

 

FUNBIKE

Bersepeda sekarang ini menjadi trend di semua kalangan baik itu anak – anak, remaja maupun orang tua. Gaya hidup sehat ini juga untuk mengurangi polusi udara akibat asap kendaraan bermotor. Mengadopsi dari gaya hidup yang sedang trend dimana juga bermanfaat bagi kesehatan, RSUD Badung dalam rentetan acara HUT ke-10 RSUD menyelenggarakan lomba funbike. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari minggu 15 Juli 2012 dengan semarak ini diikuti oleh 2000 lebih peserta funbike, berlangsung di PUSPEM Badung, peserta dilepas oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Badung dr. I Gede Putra Suteja, beserta bapak Direktur RSUD Kabupaten Badung dr. Agus Bintang Suryadhi. Rute yang dilalui oleh peserta adalah start dan finish di PUSPEM Badung. Penuh dengan hadiah-hadiah menarik, tidak tanggung – tanggung hadiah yang di undi adalah 4 sepeda motor, 21 sepeda gunung dan puluhan hadiah hiburan dari berbagai sponsor yang ikut meramaikan kegiatan tersebut. Melihat antusias dan banyaknya peserta yang mengikuti kegiatan ini baik dari pegawai rumah sakit maupun masyarakat umum, bisa dikatakan kegiatan  ini sukses berjalan lancar. Disamping kegiatan funbike juga difasilitasi bagi mereka yang ingin mendonorkan darahnya untuk yang membutuhkan, bekerja sama dengan PMI Badung kegiatan donor darah ini juga ternyata banyak yang merespon dengan ikut serta menyumbangkan darah mereka. Tidak hanya PMI Badung tapi Komisi Penanggulangan AIDS atau yang kita kenal dengan KPA juga ikut berpartisipasi dengan membagi –bagikan bunga mawar merah di garis finish, tidak lupa mereka mengingatkan dan menyampaikan bahaya dari HIV/AIDS ini. Ini bukti nyata kepedulian kita bersama akan visi misi dalam pemberantasan HIV / AIDS di daerah Badung khususnya maupun di Bali pada umumnya.

Kadis Badung juga menyampaikan harapannya ke RSUD Badung, “ Melalui HUT ini, harapan semoga teman – teman yang duduk di jajaran RSUD Badung menjadikan ajang ini sebagai ajang intropeksi diri, sehingga mampu memberikan prestasi kerja dan profesionalisme yang maksimal. Dengan dukungan penuh dari Bupati Badung dan DPRD Badung, semoga menjadi motivator yang kuat untuk mengubah image tersebut. Pembangunan yang sedang berjalan diharapkan selesai di tahun 2015 sehingga dapat bekerja dengan optimal dengan dukungan SDM yang berkualitas dan professional,” ungkap dr I Gede Putra Suteja.

 

BAKSOS

Rangkaian acara HUT RSUD Badung juga tidak lepas dari kegiatan sosial. Sasaran tempat dilaksanakannya Bakti Sosial pada tahun ini yaitu di wantilan Desa Adat Kutuh Kecamatan Kuta Selatan. Kegiatan bakti sosial yang berlangsung pada tanggal 21 Juli 2012 dibuka oleh wakil Bupati Badung, Bapak Drs I Ketut Sudikerta didampingi Bapak Direktur RSUD Kabupaten Badung dr. Agus Bintang Suryadhi, M.Kes., Perbekel Desa Kutuh, Nyoman Mesir dan paramedis RSUD Kabupaten Badung. Tujuan dilaksanakannya bakti sosial ini adalah sebagai wujud kepedulian dan bukti nyata ketulusan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di daerah kabupaten Badung oleh RSUD Kabupaten Badung. Lewat slogan we love, we care pelayanan yang di berikan RSUD Badung ini diharapkan mengenai semua lapisan masyarakat, tidak saja kalangan atas tapi juga kalangan bawah.

Dalam sambutannya wakil Bupati Badung salut akan pelayanan yang diberikan pada saat bakti sosial ini, dimana semua bidang pelayanan ikut turun menangani masyarakat Desa Adat Kutuh yang butuh pelayanan dan pengobatan kesehatan. Ini menunjukkan bukti nyata kesungguhan segenap jajaran RSUD Badung untuk mendekatkan diri dan memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. “ Masyarakat Badung jangan ragu – ragu datang ke RSUD Badung untuk memndapatkan pelayanan kesehatan, apalagi dengan adanya Jaminan Kesehatan Bali Mandara (JKBM)” ungkap Sudikerta. Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Badung dan Direktur RSUD Badung berkeliling untuk menemui langsung masyarakat yang mendapatkan pelayanan kesehatan serta menyempatkan diri untuk berbincang – bincang dengan mereka.

Dari hasil laporan koordinator Bhakti Sosial, dr. I Gusti Ngurah  Narada Sp. THT. KL M.Si pengobatan gratis yang dilakukan oleh paramedis RSUD Kabupaten Badung diikuti oleh 317 pasien yang telah mendapatkan pengobatan. Sebagian besar dari pasien tersebut merupakan pasien usia lanjut. Dari 317 orang tersebut 17 orang mendapatkan tindakan operasi katarak gratis keesokan harinya di RSUD Kab. Badung.

 

TALK SHOW SERTA LOMBA MENGGAMBAR DAN MEWARNAI

Salah satu talk show yang telah terselenggara mengambil tema “Mengatasi Kesulitan Makan Pada Anak dan Peranan Imunisasi Non Wajib Pada Kesehatan Anak”, dan untuk meningkatkan kreatifitas anak–anak RSUD juga mengadakan lomba mewarnai gambar dimana waktu pelaksanaan pada tanggal 28 Juli 2012 bertempat di ruang pertemuan RSUD Kab. Badung. Kegiatan ini sebagai bukti nyata perhatian RSUD Kab. Badung terhadap pelayanan kepada anak–anak. Anak–anak sebagai harapan ke depan penerus bangsa haruslah menjadi prioritas penting bagi semua pihak. Lomba mewarnai di buka oleh Ketua TP PKK Badung, Ny. Ratna Gde Agung yang diwakili oleh Ny. Widia Astika. Lomba ini diikuti oleh 150 lebih anak–anak dengan mengambil tema RSUD Badung tempatku dirawat, tempatku bermain.

Dalam sambutan Ny.Ratna Gde Agung menyampaikan, HUT Ke-10 adalah momentum yang sangat baik bagi RSUD untuk pendewasaan diri dan meningkatkan kualitas secara maksimal.Dengan melibatkan anak – anak dalam rangkaian HUT diharapkan dapat mendekatkan rumah sakit dan pelayanannya kepada anak, sehingga ketika anak –anak dari masyarakat Badung berobat dapat mencintai rumah sakitnya. “ Dengan lomba ini, diharapkan dapat meningkatkan mental secara konstuktif dan memotivasi kreatifitas anak, serta mengenal RSUD Badung secara dekat”imbuhnya.

Talkshow yang diselenggarakan ini dengan menghadirkan narasumber dr. Budi Kartika,Sp.A dari RSUD Badung, dan dr. I Gusti Lanang Sidiarta, Sp.A. Antusias dari para orang tua untuk mengetahui pentingnya kesehatan anak khususnya permasalahan dan imunisasi yang harus diperoleh anak meraka terlihat dengan banyaknya orang tua yang berpartisipasi pada talkshow ini.

 

SEMINAR PENYAKIT GINJAL KRONIK DAN HEMODIALISA

Pada tanggal 4 Agustus 2012 RSUD juga mengadakan seminar Peranan Hemodialisis pada therapy penyakit Ginjal di ruang Kertagosana, PUSPEM Badung. Seminar ini di buka oleh Bapak Wakil Bupati Badung Drs. I Ketut Sudikerta, di dampingi oleh Kadis Kesehatan Badung, dr I Gede Putra Suteja, Kepala ASKES Denpasar yang mewilayahi Bali, dr Bimantoro, dan rekanan KSO Hemodialisis dari Fresenius Media Care. “Kami harap sebelum masa jabatan kami, pada tahun 2015 RSUD Badung sudah dengan image baru, gedung dan fasilitas yang optimal serta bertaraf Internasional dapat terwujud,” ungkap Sudikerta dalam sambutannya. Direktur RSUD Badung juga menyampaikan komitmen jajaran dalam perubahan image buruk yang terlanjur lekat di benak masyarakat, dengan terus melakukan pembenahan baik dengan penambahan sarana prasarana dan juga kemampuan SDM yang terus dibenahi. Ketua Panitia, dr. AA Mas Wiryanti, Sp.A., mengungkapkan kegiatan ini selain mengenalkan penyakit ginjal yang kronis juga sebagai sarana sosialisasi kepada masyarakat bahwa di RSUD Kabupaten Badung kini telah tersedia pelayanan Hemodialisis dengan peralatan yang sangat baik. Seminar yang diikuti oleh dua ratus lebih peserta ini mengundang dr. IB Mahendra, Sp. PD dan juga Prof. Dr. dr. I Ketut Suwitra, Sp. PD., KGH., sebagai pembicara.

 

FUTSAL

Selain rangkaian kegiatan diatas, juga dilaksanakan lomba futsal yang diselenggarakan pada tanggal 8 – 10 Agustus 2012, dimana kegiatan ini sedang berjalan. Kegiatan ini diikuti oleh tim futsal dari masing – masing rumah sakit yang ada di Badung, Denpasar dan Tabanan. Ada 12 tim futsal yang akan mengadu ketangguhan dan kelincahan mereka di lapangan Pradnya Futsal, tempat akan diadakannya kegiatan tersebut. Direktur RSUD Kab. Badung dr. Agus Bintang Suryadhi, M.Kes., yang membuka kegiatan ini sebagai penendang pertama ke gawang sangat mendukung diadakan kegiatan ini. Kejuaraan futsal ini tidak hanya untuk menjadi pemenang tapi lebih kepada tempat untuk menjaga kebugaran tubuh setelah aktivitas yang padat memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat serta dapat menjalin kerjasama sebagai tempat pelayanan kesehatan, tetap adanya ikatan tali silahturahmi. “Diharapkan adanya keakraban, baik sesama tenaga medis, pengelola dan juga teman – teman yang menggemari olahraga futsal. Diharapkan kegiatan ini menjadi agenda tahunan untuk kita” imbuhnya.

“Kami menyediakan piala, piagam dan juga uang pembinaan” jelas dr.Sindhu. Sebagai ketua panitia HUT RSUD ke-10 beliau mengucapkan terimakasih kepada tim – tim yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini, tidak lupa kepada PEMKAB Badung yang telah mensuport segala kegiatan rentetan HUT RSUD Kab. Badung.

Di akhir pertandingan diperoleh hasil RSUD Wangaya Denpasar sebagai jura I, RS Surya Husada sebagai Juara II, RS Prima Medika sebagai juara III dan RSUD Tabanan sebagai juara IV. Penutupan sekaligus penyerahan hadiah dilakukan oleh Ketua Panitia HUT RSUD Kab. Badung dr. I Wayan Sindhu, Sp.B.

Selain kegiatan yang telah berlangsung ada beberapa kegiatan yang masih ada dalam agenda rentetan acara HUT RSUD Kabupaten Badung yaitu Seminar Keperawatan, pada tanggal 11 Agustus 2012 dan pada tanggal 2 September 2012 ada kegiatan senam missal, lomba cuci tangan, donor darah. Adapun puncak acara HUT ke-10 RSUD Kabupaten Badung jatuh pada tanggal 4 September 2012.

Rangkaian panjang perayaan HUT RSUD Kabupaten Badung yang ke 10 ini semoga bukan hanya sebagai kegiatan hura – hura dan pesta pora tapi dapat bermanfaat bagi RSUD Kabupaten Badung dan juga masyarakat umum.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>